Pages

Web Science

What is web science? mungkin itulah pertanyaan yang ada di benak kita pertamakali. Bila mendengar kata web science mungkin yang ada di pikiran kita adalah sebuah web yang berisi tentang ilmu pengetahuan, tapi sebenarnya apa sih web science itu??? menurut sumber yang saya baca web science itu bisa diartikan sebagai sebuah ilmu web yang mempelajari efisiensi/pemanfaatan web untuk banyak bidang, misalnya  bidang social, ekonomi ,  pendidikan,  maupun komersil.

Di dalam web science kita bisa belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual  sebagai media komunikasi praktis dengan tampilan yang menarik . Bila kita ingin memastikan manfaat dari web, kita harus  mengerti dan memahami akan web tersebut.

Web science terdiri dari gabungan beberapa disiplin ilmu, hal tersebut bisa kita lihat dari gambar berikut :
Image
Photobucket

Dilihat dari gambar diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa Web science pastinya menyajikan hal-hal yang bersifat edukatif atau hal-hal yang sifatnya mendidik. Karena dari semua hal yang ada pada gambar diatas merupakan dasar pengembanagan web science tersebut.

Sejarah

Pada awal mulanya web science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 hingga Web 3.0. Sejak diperkenalkan web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi begitu luar biasa hingga web yang bisa kita lihat saat ini.

Pada generasi  Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai web science dan ingin melihat video web science, silahkan kunjungi situs berikut

URL
http://webscience.org/webscience.html

sumber: http://ruru-qddy.it-kosongsatu.com/2010/02/24/pengantar-web-science/#more-51

1 komentar:

Anonim mengatakan...

:a9

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar