Pages

E-Commerce

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Mungkin kita sering mendengar kata e-commerce, sebenaranya apa sih e-commerce itu???

Menurut sumber yang saya baca e-commerce adalah penyebaran, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

 E-Commerce merupakan extension dari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, namun desakan bisnis menyebabkan  para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini.

E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik diapakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$ 12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan Oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalakan akan mencapai US$ 0.25 trilyun pada tahun 2011.

Banyak situs yang menawarkan dan menyediakan tempat untuk berbisnis online di Indonesia seperti www.bhinneka.com, yang menjual berbagai peralatan software dan hardware komputer, gadget dan  berbagai asesoris-asesoris  yang mendukung mobilitas kita. Selain itu  www.tokobagus.com yang menjual berbagai produk kebutuhan hidup kita sehari-hari. Untuk transaksi tidak usah kawatir, karena transaksi bisa dilakukan secara via ATM atau secara bertemu di suatu tempat dan melakukan transaksi secara cash.

Keuntungan e-commerce 

Banyak manfaat yang dapat di rasakan dengan adanya e-commerce ini, diantaranya :
  • Mudah dan efisien, seorang pembeli di internet dapat menggunakan komputer pribadinya baik siang maupun malam selama tujuh hari perminggu untuk membeli hampir semua barang.  Seorang konsumen tidak perlu mengantri di toko atau bahkan meningglakan rumahnya;
  • Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini lebih mudah. Beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkanhanya dimasukkan sekali saja;
  • Pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online,  seperti etrade.com membebankan biaya hanya sekitar $ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.
Kelemahan e-commerce

Perdagangan melalui internet memang memudahkan customer untuk bertransaksi jual-beli. Namun demikian, e-commerce juga memiliki kelemahan. Dengan metode transaksi elektronik yang tidak mempertemukan pelaku usaha dan konsumen secara langsung dan tidak melihat secara langsung barang yang diinginkan bisa menimbulkan permasalahan yang merugikan konsumen. 

Berikut beberapa kelemahan dari e-commerce:
  • Isu Security;
  • Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan;
  • Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.;
  • Faktor keamanan transaksi seperti keamanan metode pembayaran merupakan salah satu hal urgen bagi konsumen. Masalah ini penting sekali diperhatikan karena terbukti mulai bermunculan kasus-kasus dalam e-commerce yang berkaitan dengan keamanan transaksi, mulai dari pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses illegal ke sistem informasi (hacking) perusakan website sampai dengan pencurian data.
Banyaknya kasus yang muncul berkaitan dengan pelaksanaan transaksi terutama faktor keamanan dalam e-commerce ini tentu sangat merisaukan bagi semua pihak terutama konsumen. Padahal jaminan keamanan transaksi e-commerce sangat diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen. Apabila hal tersebut terabaikan maka bisa dipastikan akan terjadi pergeseran efektivitas transaksi e-commerce dari falsafah efisiensi menuju arah ketidakpastian yang akan menghambat upaya pengembangan  e-commerce.

Semoga dengan tulisan ini dapat menambah wawasan kita mengenai berbagai hal menyangkut e-commerce.   Amiin

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar