Pages

Cloud Computing

Apa sih cloud computing itu??? mungkin untuk sebagian orang istilah itu masih banyak yang belum mengenal arti dari cloud computing. Jadi istilah cloud computing dalam bahasa kitanya yaitu komputasi awan…inget yah bukan berarti kita sedang melakukan komputasi di atas awan beneran…ini hanya istilah yang merujuk pada trend teknologi menggunakan internet cloud sebagai tempat menyimpan data, applications dan lainnya yang dapat dengan mudah mengambil data, download applikasi dan berpindah ke cloud lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat memberikan layanan secara mobile di masa depan. Trend ini akan memberikan banyak keuntungan baik dari sisi pemberi layanan (provider) atau dari sisi user.

Seiring dengan perkembangan IT saat ini menuju dengan konsep-kosenp social networkingnya, openness, share, colaborations, mobile, easy maintenance, one click, terdistribusi / tersebar, scalability, Concurency dan Transparan, Saat ini terdapat trend teknologi yang masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar IT di dunia, salah satunya yaitu Cloud Computing. Akses data dari mana saja dan menggunakan perangkat fixed atau mobile device menggunakan internet cloud. Trend saat ini adalah dapat memberikan berbagai macam layanan secara teristribusi dan pararel secara remote dan dapat berjalan di berbagai device, dan teknologinya dapat dilihat dari berbagai macam teknologi yang digunakan dari proses informasi yang dilakukan secara otsourching sampai dengan penggunaan eksternal data center.

Cloud Computing merupakan model yang memungkinkan dapat mendukung layanan yang disebut ”Everything-as-a-service”. Dengan demikian dapat mengintegrasikan virtualized physical sources, virtualized infrastructure, seperti juga sebaik virtualized middleware platform dan aplikasi bisnis yang dibuat untuk pelanggan didalam cloud tersebut.

Ada beberapa keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, diantaranya:
  • Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya;
  • Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat;
  • Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena sistem pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah;
  • Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping;
  • Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.
Namun selain banyak memberikan keuntungan namun ada juga dampak yang bisa ditimbulkan dengan menggunakan cloud computing, diantaranya:
  • Data yang kita upload ke database tempat kita melakukan cloud computing, bila terjadi maintenance dan tidak bisa di perbaiki, kemungkinan besar data-data kita akan hilang dan tidak bisa kembali;
  • Membutukan koneksi internet yang lumayan cepat;
  • Masalah keamanan data yang rawan di hack.
Semoga penjelasan di atas bisa memberikan inspirasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan sebuah komputasi serta memberikan wawasan mengenai cloud computing itu sendiri. 

Struktur Cloud Computing
Photobucket

1 komentar:

notebook mengatakan...

semakin maju teknologi :j:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar