Pages

Instalasi Android

Sebelum menjelaskan mengenai instalasi Android, ada baiknya bila kita mengetahui apa itu Android. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Megenal Eclipse

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

Instalasi SDK

Untuk instalasi Android ada beberapa tahap yang harus dilakukan agar instalasi Android dapat berjalan dengan benar.

Tahap Install

0 Instal Eclipse

Eclipse sebenarnya bukan dilakukan instlasi tetapi hanya ekstrack file, ekstrack file eclipse ke folder dimana anda mau letakkan file eclipse (untuk standard dapat melakukan ekstrak di C:\)

0 Instalasi Android SDK

Android SDK Package merupakan sebuah tool development yang memungkinkan Anda membuat aplikasi untuk platform Android. Android SDK sendiri mencakup dari sampel project dengan kode sumbernya, tool development, sebuah emulator, dan librari (baca: file pendungkung) yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi Android. Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java, dan dijalankan pada Dalvik Debug Monitor Server (ddms), yang merupakan mesin virtual yang dirancang khusus untuk penggunaan embedded yang berjalan di atas kernel Linux.

Ekstrak file android Android SDK.rar ke directory dimana anda mau letakkan file android sdk (standard)

Pada eclipse klik Window --> Preferences - c:\program files\Android SDK (sebelum ekstract anda harus buat directory Android SDK dulu)


0 Membuat AVD

Android Virtual Devices (AVD) adalah konfigurasi dari emulator sehingga kita dapat menjalankan perangkat Android sesuai model yang dipilih, misal Android 1.5 atau 2.2. Untuk dapat menjalankan emulator,

Bila SDK sudah terinstall, maka selanjutnya kita instal AVD. Buka Eclipse,, click icon Android SDK and AVD Manager. Klik new


Gambar berisi di atas adalah platform android versi 2.2 dan 2.3.

Tahap selanjutnya adalah membuat aplikasi android dengan membuaka file --> new--> Android Project

Bila sudah dibuat, selanjutnya buka codingan .java


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar