Pages

Internet Sehat


Mengapa sih harus berinternet sehat??? wah pertanyaan bagus tuh...disini saya akan mengulas sedikit mengenai tips berinternet sehat, jadi internet selain membawa dampak positif, seperti  memudahkan kita dalam mencari sebuah informasi, mengkoneksikan kita dengan orang-orang baik yang kita kenal maupun  orang yang tidak kita kenal, dimanapun dan kapanpun, dan banyak lagi manfaat - manfaat dari internet..wah mantep kan. Nah, selain membawa banyak dampak positif, namun tidak sedikit dampak yang dapat di timbulkan oleh adanya internet, internet itu bagaikan dua mata pisau yang berlainan disatu sisi membawa keuntungan, namun disisi lain juga membawa kerugikan. Jadi bijaksinilah..eh bijaksanalah dalam menggunakan internet. 
Okey sahabat langsung saja kita simak bersama tips berinternet sehat versi ICTWatch berikut : 
  • Jika dirumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa.Tempatkan komputer di ruang keluarga atau tempat yang mudah di awasi oleh kita.Jika diperlukan, berilah penjadwalan / pembatas waktu anak dalam menggunakan internet.
  • Pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh internet, secara bersamaan dengan anggota keluarga yang lain.Ajukanlah beberapa pertanyaan kepada mereka.Dengan banyak bertanya, kita bisa mengali sejauh mana mereka memahami internet, juga tentang cara menggali informasi yang bermanfaat, sekaligus menjauhi informasi yang negatif. 
  • Berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman (attachment) dari siapapundan dalam bentuk apapun.Hal ini dilakukan untuk menghindari spam atau virus yang dapat berbahaya bagi komputer.
  • Pertegaslah kepada siapapun yang menggunakan internet di rumah / sekolah untuk tidak memberikan data pribadi / keluarga,alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir,password dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal,blog ataupun situs lainnya di internet semisal facebook.com atau Twitter.com untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Mintalah anak dibawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang membuat mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak sengaja dibuka. Bujuklah agar  mereka terbiasa bercerita kepada ita tentang segala sesuatu yang mereka temui di intrnet.
  • Lebih disarankan untuk memblokir situs-situs tertentu. Banyak software open source untuk memblokir situs yang dapat ditemukan digoogle. Tegaskan kepada anak maupun remaja di rumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung (face to face)dengan seseorang yang baru mereka kenal di internet. Jika memang mereka bersikeras untuk tetap bertemu, maka harus dipastikan ada orang dewasa yang menemani dan pertemuaanya harus berlangsung ditempat umum / public.
Semoga tips di atas bisa bermanfaat buat kita semua. Amiiin

Untuk menambah wawasan silahkan kunjung disini

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sip dah,, gak cuma oarang doang yang sehat brather,, internet juga mestisehat,, ya nggak??

web design jakarta mengatakan...

wah keren bang pandi, btw lu ada software protector dari conntent yang nggak baik nggak pan?

Apandi Ahmad mengatakan...

waduh mas, saya belom ada tuh software protectornya, kebanyakan yang bagus tuh berbayar sih...kalo yg free bisa di download di http://www1.k9webprotection.com/

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar