Pages

Berkenalan dengan Siri

Apa sih siri itu? Mungkin bagi orang awam siri itu biasa dikaitkan dengan pernikahan atau nikah siri..haha tapi bukan siri itu yah maksudnya. Bagi yang belum tahu, Siri adalah aplikasi asisten pribadi yang ada di perangkat Apple terbaru, iPhone 4S. Untuk menggunakan Siri, kita tinggal berbicara di depan iPhone 4S dan ia akan melakukan apa yang kita perintahkan.

Siri bekerja menggunakan voice recognition, alias teknologi yang menangkap suara manusia dan mengkonversinya menjadi perintah yang dimengerti mesin. Sebenarnya, voice recognition bukanlah sesuatu yang baru dan sudah banyak diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Di helikopter Puma misalnya, aplikasi voice recognition digunakan untuk mengatur sistem navigasi dan komunikasi radio.

Pada awalnya, Siri diperkenalkan sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri, Inc. Siri, Inc. kemudian diakuisisi oleh Apple pada tanggal 28 April 2010. Siri, Inc. telah mengumumkan bahwa perangkat lunak mereka akan tersedia untuk BlackBerry dan Android ponsel bertenaga, tetapi dalam upaya pengembangan semua untuk non-Apple platform dibatalkan setelah akuisisi oleh Apple.
Siri sekarang merupakan bagian integral dari IOS 5, dan hanya tersedia pada iPhone 4S, yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 2011. Meskipun ini hanya tersedia untuk iPhone 4S, Hacker mampu beradaptasi Siri di iPhone 4 dan iPod Touch generasi 3 dan 4. Pada 8 November 2011 , Apple mengumumkan bahwa mereka tidak punya rencana untuk mendukung Siri pada setiap perangkat yang lebih tua.

Namun dibandingkan aplikasi voice recognition yang telah ada, Siri terasa istimewa. Siri memiliki kemampuan untuk menangkap perintah berdasarkan konteks, sehingga kita seperti berbicara dengan orang betulan (fyi, Siri menggunakan suara wanita). 

Layaknya seorang asisten pribadi, Siri akan melakukan apa yang Anda perintahkan. Contohnya ketika sedang berkendara dan ada SMS atau email masuk, Anda bisa memerintahkan Siri untuk membacakan SMS/email tersebut. Bahkan Anda juga bisa menyuruh Siri membalas SMS tersebut dengan cara mendiktekan isi SMS balasan menggunakan suara.

Fungsi Siri sendiri terkait erat dengan aplikasi yang ada di iPhone 4S, seperti Weather, Browser, Calendar, Maps, dan Reminder. Contohnya jika ingin tahu cuaca Jakarta, Anda bisa bertanya ke Siri “Is Jakarta will be hot like yesterday?”, dan Siri akan menampilkan prakiraan cuaca Jakarta hari ini di layar iPhone 4S sambil berujar “I think so”.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar