Pages

Proses Perekutan Tenaga Kerja

Dalam dunia bisnis setiap wirausaha pasti memerlukan perencanaan kerja dan perekrutan tenaga kerja. hal itu dilakukan agar perusahaan yang dibuat dapat terorganisir dengan baik.  Menurut wikipedia rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM (sumber daya manusia) organisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan dan juga spesifikasi pekerjaan.

Sebuah wirausaha atau perusahaan harus dapat mencari dan menarik calon karyawan yang memiliki kemampuan bekerja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh sebab itu, sistem perekrutan tenaga kerja untuk sebuah perusahaan, perlu memperhatikan prosedur perekrutan yang mampu memberikan informasi mengenai pelamar yang memiliki kualifikasi dan kemampuan sesuai dengan kriteria yang diinginkan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Sebelum melakukan perekrutan tenaga kerja perlu dilakukan beberapa persiapan, diantaranya menentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan, jika sudah tahu jumlah karyawan yang dibutuhkan, maka proses rekrutmen pun berlanjut. Perekrutan tenaga kerja memiliki beberapa tahap, diantaranya :
  • Memberikan informasi bahwa perusahaan yang sedang dijalankan membutuhkan tenaga kerja. Misalnya  melalui media, baik itu media cetak, maupun media elektronik.
  • Menentukan kriteria, banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam merekrut tenaga kerja, misalnya calon tenaga kerja harus mengantongi ijazah perguruan tinggi. Selain itu, calon tenaga kerja juga harus memiliki keterampilan dibidangnya, bekerja bagus, mampu bekerja dalam tim, jujur, loyal, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
  • Seleksi melalui tes, calon tenaga kerja harus mengikuti ujian seleksi, baik melalui tes psikologi, tes IQ, tes teknis dan tes wawancara.
  • Mengadakan pelatihan / training, setelah mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan dan sesuai dengan kriteria perusahaan, yang harus dipikirkan kemudian adalah melatihnya. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan dan memahamkan karyawan baru terhadap bidang yang akan dijalankannya. Pelatihan merupakan titik awal menilai kinerja karyawan.
Setelah semua tahap dilaksanakan, maka calon tenaga kerja pun resmi menjadi bagian dari perusahaan.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.


Sumber Referensi : 

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Lowongan Kerja PT HM Sampoerna Tbk 2015

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk atau yang lebih dikenal dengan Sampoerna adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas, seperti A Mildm Sampoerna Kretek, U Mild dan yang legendaris Dji Sam Soe.
Lowongan Kerja PT HM Sampoerna Tbk - Sampoerna merupakan afliansi PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris Internasional Inc yang merupakan perusahaan tembakau terkemuka di dunia. Saham Sampoerna sendiri telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode perdagangan HMSP.:

Posisi Jabatan:

1. Production Staff
2. Lab Analyst
3. Staff HRD
4. Internal Auditor
5. Staff Administrasi (SA)
Persyaratan:

1. Pria atau Wanita
2. Sehat Jasmani dan rohani
3. Pendidikan minimal SMK,D3, S1 semua jurusan
4. IPK minimal 3,00 5. Fresh graduate
6. Mampu mengoperasikan komputer minimal MS word
7. Memiliki kemampuan analisa yang baik 8. Siap ditempatkan diseluruh kantor di Indonesia
Daftarkan segera diri anda dengan cara mengirim data diri lengkap seperti surat lamaran, cv, foto terbaru serta fotocopy ijazah,No HP. yang telah dilegalisir melalui alamat Email ini: humas.sampoerna@gmail.com

Top Training Indonesia mengatakan...

Menarik sekali artikelnya

Unknown mengatakan...

Mantap lah...Salam dari surianto anak stiem

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar