Pages

Lulusan TI dan SI di Masa Depan

Hallo sobat blogger..bagaimana dengan aktivitasnya, semoga tetap berada dalam aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat. Nah, kali ini saya tengah mengulas prospek lulusan TI dan SI, mau jadi apa sih sebenarnya anak TI dan SI itu.

Apakah kamu salah satu mahasiswa yang tengah menyelesaikan program studi di perguruan tinggi dengan konsentrasi di bidang TI atau SI? Semoga tulisan ini bisa sedikit menginspirasi kita semua. Untuk itu mari kita resapi sedikit demi sedikit dari setiap tulisan ini. 
Menurut sumber yang saya baca di harian detik.com, jika kita analogikan denga membangun sebuah gedung, Teknik Infromatika (TI) itu ibartnya adalah mandor bangunan. Lulusan TI ini diharapkan yang tahu dan paham benar detail teknisnya dari “bangunan” yang harus dibangun atau dalam dunia komputer, TI bertanggungjawab atas program, network dan database development.

Sedangkan Sistem Informasi (SI) adalah arsiteknya. Lulusan SI akan bermain di level konsep sebuah “bangunan” atau dalam dunia komputer, SI yang bertanggung jawab untuk membuat sebuah rancangan sistem secara di atas kertas secara logika.

Ketika bangunan sudah jadi atau ketika sistem yang dirancang oleh SI sudah terbangun dengan baik TI, maka yang dapat mengoptimalkan manfaatnya untuk keperluan bisnis adalah lulusan Sistem Informasi Bisnis (SIB).  Karena SIB yang akan lebih banyak porsi materi perkuliahannya pada hal-hal yang kontekstual pada aspek bisnis dikaitkan pada pemanfaatan sebuah sistem informasi bagi penunjang kebutuhan manajemen.

Untuk mengetahui mana yang lebih berprospek untuk masa depan? Jawabannya mudah, yaitu tergantung kamu sendiri, karena lapangan kerja yang terkait dengan ilmu komputer di atas pada era kini dan masa depan, tak mudah dimasuki oleh mereka yang generalis (mengerti sedikit tentang banyak hal) ataupun yang spesialis (mengerti banyak tentang sedikit hal).

Bagaimana sobat dengan tulisan di atas, walaupun sedikit semoga bisa memberi manfaat buat kita semua, pada dasarnya lapangan pekerjaan membutuhkan para versatilis, yaitu orang yang memiliki jiwa “long life learner”, yaitu suka belajar apapun seumur hidupnya, karena seorang versatilis yang diminati oleh pencari kerja, adalah mereka yang memiliki pemahaman teknis, mampu menganalisis dan paham dunia bisnis.

sumber : klik disini

1 komentar:

M.Ribkhan Website Developer mengatakan...

wah analisisnya mantap gan, cuman gni gan... gw ya bukannya apa apa yak, banyakan kan jurusan SI itu mereka lebih dikhususkan menjadi seorang analis kan?? artinya kan nanti dia jadi atasannya programmer kan?? nah kalau yang fresh graduate gimana tuh?? masak udah mau jadi atasannya aja.. wkkwkwkwkw

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar