Pages

Mengukur Kecerdasan Seseorang

Pernahkan kita berpikir bahwa orang-orang yang berada disekeliling kita memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda...hmmm kira-kira dari mana yah kita bisa mengetahui ukuran kecerdasan seseorang. Apakah kecerdasan itu dilihat dari nilai-nilai yang didapatnya di sekolah atau nilai IPK-nya yang diperoleh di perguruan tinggi. 

Mungkin sampai saat ini kita tidak tahu sampai sejauh mana tingkat kecerdasan kita. Ada sebuah kutipan menyebutkan bahwa “Kecerdasan seseorang bukan dilihat dari nilai-nilai yang ia dapatkan namun dari pikiran-pikiran yang ia berikan”

Mungkin maksud kutipan di atas adalah kecerdasan seseorang dapat ditentukan dari pola pikir yang ia berikan dalam menghadapi masalah ataupun menyelesaikan masalah.

Kecerdasan memang sebuah  misteri terpendam dari diri setiap manusia, dan cara mengukurnya bahkan lebih misterius lagi. Tidak mudah mengukur jenis dan kecerdasan setiap orang. Kalaupun dapat, seberapa persiskah pengukuran tersebut. 

Tes IQ mungkin salah satu uji kecerdasan yang diterima luas oleh masyarakat. Pengukuran kecerdasan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis atau tes tampilan (performance test). Namun,  Stephen Jay Gould adalah salah satu tokoh yang mengkritik teori kecerdasan. Dalam bukunya  The Mismeasure of Man (Kesalahan Ukur Manusia), ia mengemukakan bahwa kecerdasan sebenarnya tak bisa diukur, dan juga mempertanyakan sudut pandang hereditarian atas kecerdasan.

Jadi untuk yang memiliki nila IQ atau nilai-nilai rendah di sekolah atau di perguruan tinggi, jangan khawatir atau minder dulu akan tingkat kecerdasan kamu, mungkin kamu kurang berbakat di bidang itu, kan masih banyak bidang yang lain yang mungkin belum kamu coba.

semoga tulisan singkat di atas dapat memberikan motivasi dan pengetahuan bahwa banyak faktor yang perlu ditelaah dan diperimbangkan untuk mengukur kecerdasan seseorang.  So janganlah berbangga atau minder terlebih dahulu terhadap nila-niali yang kamu peroleh di sekolah atau di perguruan tinggi.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:

Posting Komentar